Jul 29, 2013

Deretan Lagu Pengingat Mantan

Melihat ke belakang, menyusuri kenangan, terkadang memang seperti berjalan ke arah belakang. Kita akan banyak terantuk dan menabrak karena mata kita melakukan hal yang tidak seharusnya. Menyusuri kenangan memang perlu dilakukan, namun cukuplah sesekali saja. Seperti kita menatap pada kaca spion yang kecil sebagai bentuk kehati-hatian. Agar perjalanan ke depan semakin nyaman. Agar kita tidak terjatuh pada lubang yang sama untuk kesekian kalinya.

Untuk itu, kali ini saya membuat mixtape untuk mbak-mbak di belahan timur pulau jawa sana. Perempuan yang masih terjebak dalam kubang genangan masa lalu. Anggaplah ini sebuah mixtape nostalgia pengingat mantan. Karena mantan tidak untuk dilupakan. Karena masa lalu, sepahit apapun, telah memberikan sesuatu yang berharga untuk kita di masa datang.

1. Mocca – Once Upon a Time

Suara merdu Arina adalah yang pertama bisa saya ingat ketika harus membahas mantan. Terutama melalui salah satu lagunya, Once upon a time yang meskipun berdurasi pendek, tetapi membuat pendengarnya bisa merenung lama. Liriknya sungguh filosofis. Seperti menceritakan masa lalu yang begitu nyaman tetapi harus ditinggalkan.

Mungkin saja masa menyenangkan itu kini telah berakhir, namun bukan berarti kita tidak melangkah dan berdiam saja di tempat nyaman tersebut. Once upon a time justru memberitahu bahwa masa lalu tetaplah masa lalu. Seindah apapun, harus kita sikapi dengan biasa saja karena.. well, siapa yang tahu apa yang masa depan bawakan untuk kita? 

We’re  just comon people with an ordinary look
We’re just common people with an ordinary love
And once upon a time, when I dell in love with you

p.s. : ini adalah lagu yang sangat indah dinikmati sembari menyeduh secangkir kopi hangat di malam hari 

2. Sheila On 7 – Kita

Sheila on 7 adalah ikon pop Indonesia. Setidaknya, bagi mereka yang tumbuh besar di era 90-an. Bahkan hingga kini, belasan tahun sejak endemik So7 mulai mewabah, mereka masih mampu berjaya di dalam kenangan banyak orang. Lagu-lagu mereka tetap menjadi saksi bagi banyak kisah cinta yang telah dimulai dan berakhir. Contohnya adalah Kita.

Dilihat dari liriknya, Kita memiliki visi yang sejalan dengan Once upon a time. Melalui petikan gitarnya, Eros dan kawan-kawan mengajak pendengarnya menilik kembali makna “kita", sebuah kata yang sublim ketika dua orang telah sepakat menjalani sebuah hubungan dengan penuh komitmen. Jika toh kini hubungan tersebut sudah terpisah, tak ada lagi “kita”, tak perlu ada penyesalan.

Bukankah kebersamaan di masa lalu telah berhasil menjadi kenangan yang paling menyenangkan? 

Dan kau bisikkan kata cinta
Kau telah percikkan, rasa sayang
Pastikan kita seirama
Walau terikat, rasa hina 

3. Shaggy Dog - Lagu Rindu

Mengingat masa lalu, bagi saya, tidak selalu berarti kita ingin kembali berada dan menjalani hari-hari yang lewat tesebut. Merindukan masa lalu, kadang kala hanya sebuah nostalgia yang tak memiliki tendensi khusus. Kita sadar bahwa waktu yang telah lampau itu telah berlalu dan kita hanya ingin mengenangnya. Untuk masalah ini, Lagu Rindu dari Shaggy Dog—meskipun tidak membahas tentang perpisahan—dengan purna membantu kita mengkhidmatinya.

Aku rindu kepadamu
Di luar hujan turun dengan derasnya


4.  Ratih Purwasih - Antara Benci dan Rindu

Klasik, namun bukan berarti usang. Begitulah kesan yang dihadirkan oleh Ratih Purwasih melalui lagunya, Antara Benci dan Rindu. Ratih berhasil membawa perasaan seseorang yang merindukan masa lalu dengan terang benderang. Tentu, membayangkan mantan kekasih yang telah berpisah jalan menghadirkan perasaan demikian.

Terkadang kita merindukan masa yang demikian membahagiakan, masa-masa romantis bersama pasangan yang telah terlewati, yang tak mungkin diulangi. Momen sederhana seperti melewati senja bersama dengan bercengkerama, misalnya. Akan tetapi, momen yang telah lewat tersebut tentu menghadirkan emosi tersendiri. Karena tidak ada asap tanpa ada api. Perpisahan dengan kekasih tentu disebabkan oleh hal yang seringkali tidak dapat ditoleransi lagi. Selalu ada yang tersakiti dan meninggalkan rasa benci, toh?

Pernahkah kau bermimpi
Kita bersatu bagai dulu lagi?
Tak pernah bersedih, tak pernah menangis
Seperti saat rindu begini


5. Broery Marantika ft. Dewi Yull - Rindu yang Terlarang

Saya beruntung pernah mengenal lagu-lagu Broery Marantika ketika kecil. Suara bass khasnya sungguh menyenangkan buat didengarkan. Lirik-liriknya pun menarik untuk disimak. Dan dari semua lagunya, Rindu yang Terlarang yang dibawakan oleh Broery bersama dengan pasangan duetnya, Dewi Yull, adalah klimaks yang harus didengarkan ketika mengingat sebuah makhluk bernama mantan. Membayangkan liriknya benar-benar terjadi di kehidupan nyata saja terasa pahit.

Lagu ini sendiri menceritakan tentang seseorang yang tengah merindukan mantan kekasihnya di masa lalu. Ia sadar bahwa mantannya telah bersama seseorang lain sehingga tak mungkin merasakan hal yang sama. Namun tak disangka, mantan kekasihnya itu juga merindukan dirinya, meskipun hanya ia tahan dalam diam. Well, platonic love is always such a sad and happy things become one, isn't it?

Memang tak pantas menghayal tentang diri mu
Sebab kau tak lagi seperti yang dulu

Kendati berat rasa rindu ku pada mu
Biarkan ku hadang rindu ku terlarang




Honorable Mention:
6. Guns N Roses - Patience
7. Eric Clapton - Old Love
8. Sinead O Connor - Nothing Compares 2 U
9. Coldplay - In My Place
10. Oasis - Don't Look Back In Anger


catatan-catatan:
Melihat ke belakang adalah proses refleksi. Bahwa kita pernah bahagia, juga kecewa. Melihat ke belakang tidak berarti bahwa kita ingin berada di masa lalu lagi, bukan berarti perasan kita masih tertinggal di tempat yang dulu. Tetapi justru sebagai sarana kita memperbaikinya untuk masa depan. Apapun yang telah terjadi di masa lalu, bukanlah sesuatu yang harus disesali. Tetapi justru untuk dinikmati.

Dan buat mbak yang masih terjebak kenangan bersama mantan, semoga kamu menikmatinya.

- nomor tidak menunjukkan urutan bagus dan tidaknya, semua pilihan adalah berdasarkan pendapat subjektif dan tidak dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.
- mixtape dapat didengarkan melalui tautan berikut ini.
- mixtape ini dibuat bersamaan dengan mixtape buatan Amelia Wardany yang dapat dilihat di sini.

5 comments:

  1. Kita-nya SO7, In My Place-nya Coldplay, Nothing Compares 2 U-nya Sinead O' Connor sama Don't Look Back in Anger-nya Oasis itu lagu kenangan beneran sih, Kak. :(

    ReplyDelete
  2. fak git! aku jadi ingat kanca SMA dan STAN-mu.

    ReplyDelete
  3. terkadang mengunjungi masa lalu memberikan kebahagiaan tersendiri walaupun banyak kecewa didalamnya :D

    ReplyDelete
  4. Rindu yg terlarang adaaah lagu wajib saya ketika nyengnyong di tempat remang di sebelah sosok jwlita g sanggup melupakan segalanya yg kami perbuat baru saja..

    ReplyDelete
  5. Ya tuhan...rindu yang terlarang...itu lagu wajib ku

    ReplyDelete