Dec 22, 2012

The Rain: Some People Make a Mixtape, Others Just Get Wet


*judul adalah plesetan dari ucapan Bob Marley:  Some people feel the rain. Others just get wet.

 ***

Tanyalah arti hujan pada para petani. Mereka akan menjawab bahwa hujan adalah berkah. Berkat hujan, sawah ladang akan dengan cepat merasakan kesegaran tetes demi tetes air hujan. Tanaman bakal tumbuh subur, menghidupi tidak hanya petani yang menanam mereka, tetapi juga banyak manusia lain. 

Tanyalah arti hujan pada jutaan orang yang terjebak macet di jalan raya. Dengan segera, jawaban penuh caci maki akan kita peroleh. Gara-gara hujan, jalanan yang licin, juga kendaraan yang memenuhsesaki seisi kota, mereka terlambat sampai tujuan. Sangat terlambat. Saya pernah berada pada kondisi ini, dan memang kita harus mengutuk, mengutuk, dan mengutuk!

Tanyalah arti hujan pada para pujangga dan musisi. Kita akan mendapat syair-syair, petuah, juga lirik yang romantis. Terkadang liris dan penuh kesedihan. Namun indah. Seindah petrichor yang kita dapati sehabis hujan kelar.

Tanyalah arti hujan pada penikmat musik amatir kurang kerjaan. Maka, daftar lagu yang didengar kala hujan akan segera tersaji. Seperti postingan saya kali ini.

***

 10. Bob Marley - Waiting In Vain

It's been three years since I'm knockin' on your door
And I still can knock some more
Ooh girl, ooh girl, is it feasible?

Bob Marley mengajarkan banyak hal sembunyi-sembunyi melalui lagu-lagunya. Memang, dalam lirik-lirik lagu ini tak ditemukan hubungan dengan hujan deras yang kerap hadir di depan rumah kita. Tetapi ketika kita menghayati dengan lebih dalam, akan ditemukan fakta yang menyedihkan. Bagaimana tidak? Bayangan seseorang mengetuk pintu rumah kekasih hatinya namun tak digubrisatau malah didiamkan sama sekali—akan menjadi sebuah momok yang menakutkan. Dan meskipun beat serta ketukan khas reggae klasik khas Bob Marley tidak mengijinkan kita merasakan kesedihan, bahkan cenderung mengajak kita berdansa, tetap lagu ini pantas untuk didengar. Karena seperti kata Chaplin, I always like walking in the rain, so no one can see me crying.

9.  Payung Teduh - Untuk Perempuan yang Sedang di Pelukan

Satu kata untuk Payung Teduh: brengsek. Setidaknya begitulah menurut saya. Lagu ini telah masuk list saya ini. Dan mungkin juga dipilih oleh banyak orang lain ke dalam list favorit mereka. Terlalu mainstream dan cenderung membosankan jika didengar berulang-ulang. Namun, entah kenapa hal itu tidak menghalangi saya untuk kembali memasukkan "Untuk Perempuan yang Sedang di Pelukan" ke dalam daftar lagu yang didengar kala hujan.

Tak terasa gelap pun jatuh
di ujung malam menuju pagi yang dingin
Hanya ada sedikit bintang malam ini
mungkin karena kau sedang cantik-cantiknya

Lirik yang puitis. Petikan gitar yang menyihir. Juga aransemen yang kebanyakan berisi nada getir. Kombinasi ketiganya adalah beberapa alasan yang menjadi senjata andalan Payung Teduh untuk menghipnotis dan membawa kita ke dalam dunia Is dan kawan-kawan secara sempurna. Bila dijelaskan secara singkat, payung teduh terbuat dari malam yang sendu, gerimis, juga rindu. Ah...

8. Eric Clapton - Tears In Heaven

Would you know my name if I saw you in heaven?
Would you feel the same if I saw you in heaven?
I must be strong and carry on
'Cause I know I don't belong here in heaven

Melalui "Tears In Heaven", Eric Clapton mengajarkan saya satu hal: kesendirian akibat ditinggalkan bisa jadi menyakitkan. Sangat menyakitkan. Lagu yang ia ciptakan karena kematian anaknya, Conor Clapton, ini benar-benar menggambarkan rasa sakit yang dirasakan oleh Eric. Simak saja liriknya yang begitu sentimentil. Sepi. Sendiri. Ditambah rintik hujan yang makin menambah rasa kehilangan. Semua mengerti bagaimana rasa sakitnya.

7. Endah n Rhesa - When You Love Someone

Fakta pertama, Endah N Rhesa telah lama berhasil mencuri perhatian saya. Lagu-lagunya yang ear-catchy, ditambah fakta bahwa Endah dan Rhesa merupakan suami istri membuat saya suka tersenyum sendiri. They are totally romantic!

Fakta kedua, salah satu lagu Endah n Rhesa, "When You Love Someone" saya nobatkan ke dalam salah satu lagu Indonesia wajib dengar karena begitu romantisnya. Mengungkapkan cinta pada seorang yang dikasihi dengan ditemani oleh orkestra hujan adalah saat paling, yah, kau tahu lah..

When you love someone just be brave to say
That you want him to be with you
When you hold your love don’t ever let him go
Or you will loose your chance to make your dream come true

6. Steelheart - She's Gone

Sepertinya saya tak perlu menjelaskan alasan mengapa lagu ini masuk daftar lagu yang didengar kala hujan. Belasan tulisan telah saya jabarkan, bahwa ditinggalkan seseorang yang kita cintai dalam rinai hujan adalah kejadian paling keparat yang pernah saya alami. Mendengarkan Steelheart adalah memainkan ulang kejadian tersebut. Mendengarkan Steelheart adalah mengonsumsi candu. Kita tahu harus menjauhi, tetapi justru kita gauli. Berkali-kali.

She's gone
Out of my life
I was wrong
I'm to blame
I was so untrue
I can't live without her love

5. Tangga - Kesempatan Kedua

"Kesempatan Kedua" milik Tangga merupakan semacam sequel dari lagu "She's Gone" di atas. Setelah ditinggal kekasih di bawah lebatnya hujan, mengajak balikan mantan kekasih masih di bawah dingin yang menusuk tulang karena kebasahan mungkin bisa menjadi opsi bagus apabila kita masih cinta. Like wiseman once said, there is always a second chance.

Andai saja aku masih punya kesempatan kedua
pasti akan kuhapuskan lukamu
menjagamu, memberimu segenap cinta

4. Nirvana - Where Did You Sleep Last Night

Buat beberapa orang, hujan adalah waktu yang tepat untuk berdiam di rumah. Berpelukan dengan kekasih. Bercengkerama dan bercanda dengannya sembari menikmati secangkir kopi hangat dan beberapa cemilan. Buat beberapa yang lain, hujan membawa kecemasannya sendiri.

"Where Did You Sleep Last Night" adalah salah satu lagu yang pernah menghadirkan kecemasan berlebih pada saya. Saat hujan, mendengarkan Kurt Cobain membawakan lagu ini secara akustik mengingatkan saya akan rasa sakitnya dikhianati.Ketika hujan datang, tiba-tiba mengingat kekasih yang jauh dari kita adalah kutukan. Apa yang sedang dilakukannya? Di mana? Dengan Siapa?

Kurt memang tidak bunuh diri karena diselingkuhi oleh pasangannya. Tapi, tetaplah berhati-hati mendengarkan lagu ini di kala hujan. Siapa tahu terlintas keinginan untuk mengakhiri hidup jika mengetahui fakta bahwa kekasih anda tengah tidur bersama orang lain.

My girl, my girl, don't lie to me
Tell me where did you sleep last night

3. Iwan Fals - Ijinkan Aku Menyayangimu

Saat mencipatakan lagu ini, mungkin Iwan tengah bosan dengan revolusi. Tengah jengah dengan kritik sosial dan pemerintahan. Atau, satu kemungkinan lain yang tak kalah logis: beliau sedang mendengarkan hujan. Iwan Fals yang biasanya terlihat garang dan menunjukkan riak perlawanan dalam tiap lagunya tiba-tiba menjadi sungguh melankolis dan mendayu-dayu. Yang tak kalah penting lagi, beliau menjadi begitu romantis di lagu yang memang dibuat khusus dalam album bertajuk "Iwan Fals In Love" ini. Bagi para penggombal yang mandeg inspirasi saat hujan, memetik gitar kesayangan untuk menyanyikan lagu ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

Bila cinta tak menyatukan kita
Bila kita tak mungkin bersama
Ijinkan aku tetap menyayangimu
 
 2.  The Beatles - Let It Be



The Beatles adalah sebuah anomali. Lagu-lagunya cocok didengarkan di segala kondisi. Baik terik menyengat maupun badai. Yang lebih istimewa, kebanyakan lagu mereka—entah ceria maupun sendu—tak perlu terlalu dirayakan atau dipikirkan dalam buai kesedihan. Termasuk salah satu lagu yang saya pilih ini, "Let It Be". Lennon dan kawan-kawan menenangkan para pendengarnya yang sedang berada dalam kedukaan tanpa harus ikut menangisinya. "Let It Be" adalah sebuah penyejuk di saat panas, juga secangkir minuman hangat di kala hujan. "Jangan bersedih!" ungkap mereka secara tersirat.

When I find myself in times of trouble
Mother Mary comes to me
Speaking words of wisdom, let it be

1. Efek Rumah Kaca - Desember

Saya yakin tak ada yang menyangkal bahwa lagu "Desember" yang dibawakan Efek Rumah kaca akan dengan mudah dimasukkan ke daftar putar lagu yang wajib didengarkan pada saat hujan. Apalagi, ketika hujan turun dengan deras-derasnya. Ketika kita terjebak dan menanti hujan reda. Menanti pelangi datang dan menyapa alam raya seisinya. Begitulah Cholil. Begitulah Adrian. Dan memang begitulah Akbar. Setia membuat lagu-lagu yang nyaman untuk didengarkan oleh telinga kita.

Sampai nanti ketika hujan tak lagi
Meneteskan duka meretas luka
Sampai hujan memulihkan luka


Additional Songs
1. The Trees And The Wild - Berlin
2. Adhitia Sofyan - Adelaide Sky
3. Mocca - On The Night Like This
4. Frau - Mesin Penenun Hujan

***

Catatan:

- Urutan tidak menunjukkan seberapa bagus atau ranking tiap lagu.
- Daftar lagu yang didengar kala hujan ini saya buat bersama dengan beberapa orang kawan saya. Untuk melihat daftar milik Galih, klik di sini. Sedangkan untuk melihat daftar milik Fahrur, sila klik ini. Dua terakhir adalah Sigit dan Andre. Mari menyimak :)

6 comments:

  1. Faaaakkk, ono She's gone!! Tears in heaven juga. Gita memang "tua" secara denotatif dan konotatif

    ReplyDelete
  2. Ini mah judulnya pantesan "Lagu yang Didengar kala Sendiri, Merana, dan Patah Hati", kaaaang, ngapain pake nyangkut2in sama hujan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada lagu romantisnya juga, masa dilewatkan begitu saja? :D

      Delete
  3. intinya Gita itu orang tua yang hipster.
    lahir tahun berapa sih sebenernya?

    ReplyDelete
  4. sebagai penggemar Nirvana, saya tidak menyangka gus Gita memasukkan lagu Nirvana dalam daftar lagu yg didengar kala hujan. Awalnya saya mengira daftar lagu itu akan berisi lagu2 yang romantis dan berkisah tentang seseorang yg kasmaran. Tapi dugaan saya tidak sepenuhnya benar. Ada lagu she's gone dengan teriakan Matijevic yg mencapai nada tinggi & menyayat "laaaady! won't you saave me,my heaaarts belooong to youu!" serta teriakan Kurt Cobain yg parau dan penuh kemarahan di verse2 akhir lagu "My girl! my girl! dont liee to me! Tell me, where did you sleep last night!" merupakan kombinasi lagu yang pas untuk diri yang ditinggalkan seseorang yang dicintai dalam rinai hujan..deras dan disertai petir yang menggelegar. - gerithtirtawic

    ReplyDelete